BLOGNYA SYAIDATUL AYYAMIAH ({})

KEMARIN ADALAH KENANGAN HARI INI,DAN ESOK ADALAH IMPIAN HARI INI :)({})

:)

Senin, 05 November 2012

Bayi Terbesar dan Terberat di Dunia

Bayi Terbesar dan Terberat di Dunia - Fenomena ibu melahirkan bayi dengan bobot di atas rata-rata memang sudah bukan berita asing lagi saat ini. Di Indonesia saja, MURI pernah mencatat bayi terbesar yang memiliki berat 8,7 kilogram. Bayi yang terlahir pada tahun 2009 tersebut memecahkan rekor bayi terberat sebelumnya 6,9 kilogram pada tahun 2007. Berat badan bayi baru lahir biasanya sekitar 3,5 kilogram. Bayi yang memiliki bobot tubuh lebih dari itu bisa dikategorikan overweight. Rata-rata bobot tubuh bayi terberat di dunia 2 kali lebih besar dari berat bayi normal, ada yang memiliki berat 6 kilogram, bahkan tak jarang yang melewati angka 10 kilogram.
Berat badan bayi sangat dipengaruhi oleh berat ibu yang mengandungnya. Bayi yang memiliki kelebihan berat badan saat baru dilahirkan mungkin saja terjadi karena sang ibu mendapatkan asupan makanan berlebih saat hamil. Selain faktor makanan, gen juga sangat berpengaruh. Beberapa ilmuwan menilai bahwa bobot bayi bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan, baik itu dari orang tua, maupun kakek-neneknya.
Di dunia medis, bayi yang memiliki berat di atas rata-rata terjadi karena sang ibu memiliki kelainan yang disebut dengan diabetes gestasional. Kondisi ini terjadi saat tubuh ibu hamil memproduksi hormon, dan hormon ini membuat tubuh resisten terdapat insulin. Akibatnya tubuh sang ibu akan mengalami ketidakseimbangan insulin, yang akhirnya menyebabkan gula dari meninggi dan berdampak pada bobot si bayi. Maka dari itu, bayi yang terlahir dari kondisi seperti ini sering disebut dengan sugar babies.

Berita bayi terbesar dan terberat di dunia

Anda mungkin sudah pernah melihat berita tentang bayi terberat di dunia atau menonton videonya di youtube. Setiap tahun selalu ada kelahiran bayi yang memiliki bobot tidak normal seperti ini. Lalu, siapa saja daftar bayi terberat yang pernah tercatat di dunia?
bayi terberat di dunia
Di beberapa negara pernah tercatat ibu-ibu yang melahirkan bayi raksasa. Salah satunya di UK, seorang ibu bernama Nyonya Herman pernah melahirkan bayi terbesar bernama Guy Warwick Carr. Bayi ini tercatat memiliki bobot sekitar 6,3 kilogram saat baru lahir. Kondisi hyperinsulin disebut-sebut menjadi penyebab kelahiran bayi raksasa ini. Di mexico juga pernah tercatat bayi yang memiliki bobot tubuh 6,7 kg.
bayi terberat di cina
Salah satu bayi terberat di cina tercatat memiliki bobot hingga 7 kilogram. Bayi bernama Chun Chun, lahir dengan selamat sekitar pertengahan februari 2012. Sang ibu mengaku bahwa kehamilannya kali ini tidak seperti kehamilan sebelumnya. Ia mengaku tubuhnya membengkak padahal porsi makan dan minum tidak mengalami perubahan. Di china tercatat 3 bayi terberat terlahir sejak tahun 2008 hingga 2010.
bayi raksasa indonesia
Di Indonesia sendiri, pasangan Ani dan Hasanuddin pernah melahirkan bayi dengan bobot 8,7 kg. Bayi berjenis kelamin laki-laki ini lahir di Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Abdul Manan Kisaran, Asahan, Sumatra Utara. Bayi “abnormal” lain pernah terlahir di Semarang. Seorang bayi bernama Lei, memiliki bobot 20 kilogram. Namun tidak seperti yang lainnya, bayi terbesar dan bayi terberat ini mengalami lonjakan bobot yang drastis memasuki umur yang ke 10 bulan. Padahal berat normal bayi untuk rentang umur ini adalah sekitar 7.5 – 10 kg.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates