BLOGNYA SYAIDATUL AYYAMIAH ({})

KEMARIN ADALAH KENANGAN HARI INI,DAN ESOK ADALAH IMPIAN HARI INI :)({})

:)

Selasa, 13 November 2012

Orang Indonesia Paling Kreatif Membuat Singkatan

Orang Indonesia Paling Kreatif Membuat Singkatan
http://supermilan.wordpress.com
Curhat. Kata yang kemudian menjadi pembicaraan banyak kalangan saat ini. Apalagi setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dituding sering membela diri ketika banyak orang yang menyudutkan citra dirinya. SBY dibilang sering curhat kepadanya rakyatnya.
Curhat. Merupakan akronim dari Curahan Hati. Atau ada juga yang menyebut curhat adalah pelafalan Indonesia dari kata berbahasa inggris, cure heart atau hati yang luka. Namun akronim dari curahan hati nampaknya lebih populer. Beberapa waktu belakangan, pelafal bahasa indonesia sepertinya semakin kreatif dalam menciptakan singkatan atau akronim baru bahkan dari gabungan kata yang tidak lazim.
Sebut saja jadul, akronim dari jaman dulu. Lola dan lemot, masing-masing akronim dari loading lama dan lemah otak. Dua akronim ini sering dipakai untuk menyebut kinerja perangkat komputer yang lamban. Atau yang ini, Alay. Istilah terakhir ini akronim dari kata anak layangan. Erwin Hutapea, penyelaras bahasa portal berita kompas.com, menyebut tidak begitu jelas maksud atau arti layangan di sini. Namun, karena perilaku layangan yang ketika dimainkan harus ditarik dan diulur, kemudian dijadikan perumpamaan kepribadian remaja yang masih labil. Artinya, bisa berubah-ubah karena ada tarikan dari sana-sini sesuai dengan pengaruh di sekitarnya.
Selain Alay, ada lagi Ababil atau ABG labil. ABG sendiri sudah singkatan, masih dijadikan akronim pula. Anak muda memang pandai untuk urusan singkat-menyingkat kata. Masih ingat dari mana asal kata Bokap, Nyokap, Boker atau yang sejenisnya. Kata Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) bahkan disingkat lagi menjadi Bonyok. Kata seperti ini bermula dari tambahan imbuhan “ok”, “oke”, atau “oka” pada tengah kata.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates