BLOGNYA SYAIDATUL AYYAMIAH ({})

KEMARIN ADALAH KENANGAN HARI INI,DAN ESOK ADALAH IMPIAN HARI INI :)({})

:)

Senin, 05 November 2012

7 Fakta Menarik tentang Otak

Fakta Menarik tentang Otak – Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh. Tanpa otak, semua proses di dalam tubuh tidak akan berjalan. Di balik ukurannya yang kecil, ternyata otak bekerja dengan sangat rumit. Dan ada beberapa hal tentang otak yang membuat kita tercengang. Berikut adalah 7 Fakta Menarik tentang Otak:

1. Otak tidak merasakan sakit

fakta menarik tentang otak
Fakta menarik tentang otak pertama adalah otak tidak pernah merasakan sakit. Itu karena tidak ada reseptor rasa sakit di sekitar otak. Itulah mengapa operasi pembedahan otak bisa dilakukan dalam kondisi pasien masih sadar. Sedikit mengerikan y?

2. Ada sekitar 100,000 pembuluh darah di otak

fakta menarik tentang otak pembuluh
Ada sekitar 100 milyar neuron di dalam jaringan otak. Otak memakai sekitar 17% dari total energi tubuh dan memakai 20% dari total oksigen. Walaupun hanya berukuran 2% dari masa tubuh, otak memproduksi sekitar 10-23 watt daya setiap kali beraktivitas. Otak 75% nya terdiri atas air, memiliki lebih dari 100 bilyun sinapsis yang cukup untuk menampung informasi sebesar 1000 terabyte.

3. Otak Einstein masih ada sampai sekarang

fakta menarik tentang otak einstein
Fakta menarik tentang orang berikutnya adalah otak Albert Einstein ternyata masih ada hingga sekarang. Saat Einstein meninggal pada tahun 1955, Dokter ThomasHarvey melakukan operasi brainectomy dan mengambil otak Einstein untuk keperluan penelitian. Otak tersebut kemudian hilang. Hingga pada 1978 seorang jurnalis bernama Steven Levy mengungkap bahwa otak tersebut masih ada, dan dipegang oleh Dr. Harvey. Dr. Harvey mengaku telah memotong otak tersebut menjadi 240 bagian dan diletakkan pada 2 stoples yang telah diisi dengan formaldehida.

4. Otak kiri dan kanan ternyata berbeda

fakta menarik tentang otak kiri kanan
Anda mungkin sudah pernah mendengar fakta menarik tentang otak yang satu ini. Di balik bentuk dan ukurannya yang serupa, ternyata otak kiri dan kanan memiliki banyak sekali perbedaan. Otak kiri lebih cenderung untuk kemampuan nalar, analitis, dan untuk berpikir. Berbeda dengan otak kanan yang lebih cenderung untuk menggambarkan visual dan imajinasi. Kedua belahan otak ini bekerja dengan saling-silang. Misalnya jika impuls saraf diterima di tubuh bagian kanan, maka akan diproses oleh otak bagian kiri. Begitu pula sebaliknya. Hasil pencitraan yang ditangkap mata juga sebenarnya terbalik, namun otak membenarkannya.

5. Otak pria 10% lebih besar daripada otak wanita

fakta menarik tentang otak pria wanita
Berbagai penelitian menyebutkan pria lebih pintar daripada wanita, dan ini merupakan salah satu penyebabnya. Otak pria memiliki ukuran 10% lebih besar dari otak wanita. Namun begitu, otak wanita memiliki sel saraf dan konektor yang lebih banyak dari otak pria. Itulah mengapa wanita lebih sering berpikir dengan emosi, sedangkan pria lebih suka menggunakan logika.

6. Otak lebih aktif saat kita tertidur

fakta menarik tentang otak tidur
Fakta menarik tentang otak berikutnya adalah otak ternyata lebih aktif saat tidur. Malam hari adalah saat dimana otak memproses semua informasi yang telah diterima seharian. Beberapa peneliti percaya bahwa ini merupakan mekanisme alami bagi otak untuk memproses emosi dan interaksi pada keseharian kita. Penelitian terbaru mengungkapkan proses otak ini juga berfungsi untuk mengurangi trauma pada seseorang. Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya lebih banyak bermimpi.

7. Kita bisa mengatur mimpi

fakta menarik tentang otak lucid
Anda pernah menonton film inception? Fakta menarik tentang mimpi berikutnya terkait dengan film ini. Mengatur alur mimpi ternyata bukan hal yang mustahil. Di dunia psikologi, kondisi ini dikenal dengan nama lucid dreaming. Lucid dreaming sudah dikenal sejak jaman Buddha Tibet Kuno. Waktu itu banyak orang yang melakukan praktek “Dream Yoga”, yaitu seseorang yang melakukan latihan ketangkasan dalam posisi tidur. Hingga saat ini lucid dream merupakan hal yang sifatnya ilmiah. Kita juga bisa melakukannya dengan serangkaian latihan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates