BLOGNYA SYAIDATUL AYYAMIAH ({})

KEMARIN ADALAH KENANGAN HARI INI,DAN ESOK ADALAH IMPIAN HARI INI :)({})

:)

Senin, 05 November 2012

7 Tips Asyik Berolahraga Gym

Agar berolahraga di Gym tak kandas di tengah jalan, diperlukan rencana yang matang. Setidaknya, Anda perlu tahu apa yang dibutuhkan dan diperhatikan saat ke Gym. Hal-hal apa sajakah itu? Mari kita cari tahu!
1. Tanamkan Komitmen
Malas pergi ke Gym? Mulailah membiasakan pergi langsung ke Gym sebelum pulang ke rumah. Lakukan rutinitas ke Gym 2 hingga 3 kali dalam seminggu yang merupakan batas ideal menjaga kebugaran.

2. Pemanasan
Lakukan pemanasan sekitar 10 menit di alat elliptical atau berjalan pelan pada treadmill 10-15 menit sebelum latihan utama dengan alat olahraga di Gym. Bisa juga dengan peregngan seperti menyentuh ujung ibu jari kaki, memutar pinggang dan meregangkan tangan ke segala arah sekitar 10 menit. Jika akan berlatih dumble, angkat beban dengan berat setengah dari yang akan dipergunakan sebagai peregangan. Peregangan ini penting untuk menurunkan risiko cedera.

3. Jangan Memaksa
Untuk pemula, pada tahap awal, cukup lakukan latihan dalam satu set gerakan, 10 atau 20 hitungan. Begitu juga dengan penggunaan alat-alatnya. Pilih alat atau atur beban tidak terlalu berat. Tujuannya melatih daya tahan selama melakukan latihan di Gym. Batasi penggunaan alat Gym 6 hingga 9 alat. Untuk masing-masing alat, batasi hingga 20 hingga 30 menit. Janganberistirahat selama penggunaan alat-alat tersebut.

4. Catat dan Rencanakan
Sebelum berlatih, buat rencana latihan dan patuhi. Catat latihan di Gym sebagai monitoring olahraga yang dilakukan. Setelah siap meningkatkan beban latihan, catat kembali rencana selanjutnya.
Bila Anda menggunakan alat treadmill atau alat kardiovaskular lain, catat kecepatan dan lama waktu yang digunakan.
5. Latihan Berjenjang
Lakukan latihan secara menyeluruh mulai badan atas, tengah hingga kaki. Namun, tak harus fokus pada satu segmen. Melakukan gerakan curl (angkat beban) yang melatih lengan atas, misalnya, otomatis juga akan melatih otot dada, punggung dan bahu. Jangan memaksa diri untuk melakukan gerakan yang berat.
6. Minum Air
Konsumsi air memberi banyak manfaat seperti, menjaga daya tahan, memberi energi, membantu metabolisme lemak, menjaga denyut jantung, dan mengganti cairan tubuh yang hilang ketika melakukan latihan. Jadi, minumlah air 2-3 gelas, sekitar 2-3 jam sebelum berlatih. Dan ketika berolahraga, minum seperempat hingga setengah gelas air tiap 15 atau 20 menit atau setiap sesi latihan.
Setelah usai latihan, minum 2 hingga 3 gelas air untuk mengembalikan stamina yang hilang setelah latihan.

7. Hilangkan Jenuh
Dengarkan musik atau melihat televisi di depan, dapat dilakukan untuk mengusir kejenuhan. Selain itu, selingi latihan dengan istirahat ketika denyut jantung sudah mencapai 10 hingga 20 BPM di atas rata-rata. Cobalah untuk beristirahat 1 hingga 2 menit untuk cooling down.
Hal-hal di atas sangat perlu untuk diperhatikan ketika Anda berolahraga Gym agar olahraga Gym Anda menjadi semakin mengasyikkan dan tak lagi menjemukan. Efeknya, Andapun semakin bersemangat untuk latihan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates